.comment-content a {display: none;}
Info
|
Profil G+ Profil Facebook Profil twitter profil Youtube rss feed
Home » » Manfaat Vitamin E dan C Untuk Kulit

Manfaat Vitamin E dan C Untuk Kulit

Vitamin E
Antioksidan yang melindungi kulit dan tubuh

Vitamin E merupakan senyawa antioksidan yang berfungsi menghentikan produksi radikal bebas. Dapat pula menetralkan bahaya dari oksidasi lemak, serta mencegah perkembangan penyakit kronis dan penuaan.

Selain itu vitamin E merupakan elemen penting dalam memelihara sistem kekebalan tubuh. Juga mencegah ketidak-seimbangan mental yang degeneratif seperti demensia dan alzheimer. Kebutuhan kulit dan tubuh terhadap vitamin E berkisar antara 100-300 IU (International Unit).

Namun jumlah ini tergantung pada usia, jenis kulit, serta banyaknya aktivitas  outdoor. Untuk usia di bawah 30 tahun, asupan vitamin E yang dibutuhkan adalah 100-200 IU. Seiring bertambahnya usia serta aktivitas, maka kebutuhan kita akan vitamin E juga akan meningkat.

Beberapa jenis sumber vitamin E alami: 
  • Kacang almond - Satu ons almond mengandung 7,4 mg vitamin E.
  • Bayam - Selain kaya dengan kandungan vitamin E bayam juga memiliki kalsium alami tinggi folat.  Secangkir bayam rebus mengandung 20% vitamin E.
  • Kubis - Kubis kaya dengan nutrisi, secangkir kubis rebus memiliki kandungan hampir 6% vitamin E.
  • Hazelnut - Satu ons hazelnut memberikan sekitar 20% kebutuhan vitamin E. Sebagai alternatif cobalah menggantikan susu atau creamer dengan  cream  hazelnut pada kopi Anda.
  • Alpukat - Kandungannya kaya akan vitamin E, setengah dari buah alpukat mengandung lebih dari 2 mg vitamin E.
  • Brokoli - Secangkir brokoli kukus mengandung 4% vitamin E yang Anda butuhkan dalam sehari.
  • Kedelai - Isoflavon yang dikandung kedelai juga mampu mengurangi kerut pada kulit dan wajah.
  • Telur - Kandungan lutein dan zeaxanthin memberikan perlindungan terhadap sinar ultraviolet. Mengkonsumsi telur secara rutin dapat memberikan perlindungan pada retina dari sinar ultraviolet.
  • Dark chocolate - Coklat memiliki kandungan  hormone endorphin yang membuat orang merasa rileks. Selain itu mampu menurunkan risiko kanker, namun mengandung kalori yang cukup tinggi. 
Vitamin C
Pelembab Alami Kulit 

Ada banyak kandungan dalam vitamin C salah satunya ascorbyl tetraisopalmitate .
Dapat melindungi kulit dari radikal bebas, menekan proses pigmentasi akibat pengaruh UV B, meningkatkan sintetis collagen dan produksinya serta antioksidan. Vitamin C juga mampu merangsang kulit untuk menghasilkan pelembab alami yang disebut glycosaminoglycans .

Vitamin C yang dapat memberi manfaat pada kulit secara sinergis melalui perlindungan antioksidan yang lebih luas dan penetrasi yang lebih baik. Sedangkan  ascorbyl tetraisopalmitate  yang dikenal sebagai  ascorbate tetrahexyldecyl, yakni vitamin C ester digunakan sebagai antioksidan, pemutih kulit, dan mampu memproduksi kolagen.

Buah yang kaya akan kandungan Vitamin C:
  • Jambu biji - Kandungan vitamin C sekitar 108 mg dalam setiap 100 gram jambu biji, berarti dua kali lipat dari jeruk manis. Jambu biji bermanfaat juga untuk menurunkan berat badan, mencegah jerawat, menurunkan kolesterol serta mencegah diare.
  • Kiwi - Mengandung 100 mg vitamin C dalam 100 gram buah kiwi. Selain memberikan nutrisi pada kulit kiwi juga berkhasiat mencegah penyakit jantung dan hipertensi, mengobati gejala impotensi serta menjaga stamina tubuh. 
  • Kelengkeng - Kandungan vitamin C sekitar 84 mg dalam 100 gram buah kelengkeng.Buah ini  berkhasiat untuk obat insomnia karena menimbulkan efek ketagihan.
  • Pepaya - Mengandung 78 mg vitamin C dalam 100 gram buah pepaya. Buah pepaya berkhasiat mengurangi penimbunan lemak di tubuh, membantu proses pencernaan protein, dan meningkatkan kualitas sperma.
  • Paprika Merah - Kandungan vitamin C sekitar 190 mg dari 100 gram paprika merah, berarti empat  kali lebih banyak dari kandungan jeruk. Khasiat paprika merah dapat mencegah katarak pada mata.
  • Brokoli - Kandungan vitamin C adalah 118 mg pada setiap 100 gram brokoli. Brokoli juga berkhasiat mencegah kanker, detoksifikasi, gangguan lambung, mencegah penyakit jantung, mencegah anemia serta merawat kelembaban kulit.
  • Jeruk - Kandungan vitamin C adalah 54 mg dalam 100 gram buah jeruk. Manfaatnya dapat meningkatkan imunitas, mengobati penyakit flu
Sumber : http://male.detik.com/read/2013/05/21/222710/2252385/1455/natalie-jahnke-snazzy-wildcat?993301male

\iklan
Share this post :

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi indodetik.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

0 Comments
Comments

Post a Comment

Next Back Home