BAB I
PENDAHULUAN
Sebagaimana kita lihat bahwa rentang usia
TK (4 – 6 th) disebut dengan masa usia dini, yang merupakan masa keemasan bagi
seseorang karena masa inilah seluruh informasi dapat diserap dengan mudah dan
cepat oleh anak melalui seluruh panca indranya. Sebagai analoginya bahwa anak
ibarat spons (karet busa) yang mampu menyerap air tanpa peduli apakah air itu
bersih atau kotor, oleh karena itu masa ini sering disebut dengan masa kritis
untuk memperkenalkan dan menanamkan segala hal yang positif dan berguna bagi
perkembangan anak dimasa selanjutnya.
Dengan pesatnya perkembangan pada seluruh
aspek yang disebabkan oleh perkembangan otaknya yang dapat mencapai 90% dari
otak orang dewasa. Oleh karena itu tugas utama dari seorang guru disekolah
untuk menyediakan berbagai pengalaman belajar yang menentang anak untuk terus
bereksplorasi. Pendekatan pembelajaran terpadu dinilai sesuai untuk digunakan
pada anak usia TK karena karakteristik usia TK adalah senang bermain dan dengan
bermain mereka belajar. Dengan pembelajaran terpadu anak diajak untuk bermain
sambil belajar dan belajar seraya bermain. Disini peranan guru sangat penting
dan sangat menentukan keberhasilan atau tercapainya tujuan sesuai dengan yang
ditetapkan.
BAB II
PERANAN GURU TK DALAM PEMBELAJARAN TEPADU
1. PERANAN GURU TK SEBAGAI PERENCANA
Peranan guru sebagai perancana dalam pembelajaran
terpadu adalah guru merencanakan suatu kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan bersama anak didik. Bentuk-bentuk perencanaan dalam proses
pembelajaran di TK adalah :
Selengkapnya klik DOWNLOAD
PREVIEW
Post by indodetik
Sumber : Google.com
Selengkapnya klik DOWNLOAD
PREVIEW
Post by indodetik
Sumber : Google.com
\iklan |
Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi indodetik.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.