OPTIMISASI EKONOMI
Maksimisasi Nilai Perusahaan
Dalam
ekonomi manajerial, tujuan pokok manajemen adalah memaksimumkan nilai
perusahaan. Memaksimumkan nilai perusahaan mencakup factor-faktor penentu
penerimaan, biaya dan tingkat diskonto (discount rate) untuk setiap tahun pada
masa yang akan datang. Penerimaan total (TR) suatu perusahaan secara langsung
ditentukan oleh jumlah produk yang terjual dan harga jual. Ini berarti TR = P (harga produk) x Q
(kuantitas).
Dalam pembuatan
keputusan , hal-hal penting yang harus diperhatikan adalah factor-faktor yang mempengaruhi
harga dan kuantitasnya. Faktor-faktor tersebut meliputi :
- Pemilihan prooduk yang dirancang oleh perusahaan
- Pengolahan prduk
- Strategi periklanan
- Kebijakan harga
- Sifat persaingannya
- Bentuk perekonomian
Dari
factor-faktor diatas hubungan antara penerimaan tersebut mencakup baik
pertimbangan-pertimbangan permintaan maupun penawaran. Hubungan-hubungan biaya
dalam proses produksi suatu perusahaan juga kompleks. Analisis biaya memerlukan
penelaan system-sistem produksi alterntif, pemilihan teknologi, kemungkinan
input yang digunakan termasuk tingkat diskonto, jenis produk (product mix),
asset-aset fisik dan struktur keuangan suatu perusahaan.
Untuk
membuat tindakan yang optimal , maka keputusan berkenaan
dengan pemasaran, produksi dan keuangan termasuk dengan sumberdaya manusia ,
distribusi produk dan lain-lain yang terpadu dimana setiap tindakan akan
mempengaruhi seluruh bagian dari perusahaan. Teori ekonomi perusahaan
memberikan dasar bagi keterpaduan dan prinsip-prinsip analisis ekonomi yang
membuat setiap orang mampu untuk menganalisis keterkaitan tersebut.
Selengkapnya Klik DOWNLOAD
\iklan |
Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi indodetik.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.